Self Care Guide for Bystanders (Indonesian) Peduli Diri Sendiri Bagi Pengamat

Bagian penting dari memedulikan orang lain adalah mengingat untuk menjaga diri Anda. Paparan terhadap pelecehan online, sekalipun tidak menyasar Anda, dapat menyebabkan trauma sekunder. Beristirahatlah saat Anda membutuhkannya, dan bersikaplah baik kepada diri Anda sendiri. Kami juga mendukung Anda.


Anda adalah Bagian dari Hal Menakjubkan

Mendukung orang lain di HeartMob merupakan tindakan yang mulia. Anda tidak hanya membantu korban pelecehan online, tetapi juga menjadi bagian dari gerakan yang berkembang untuk menjadikan internet sebagai tempat yang lebih baik, lebih aman, dan lebih menyenangkan bagi semua pihak. Studi menunjukkan bahwa pendukung online sangatlah penting dalam memerangi tindakan pelecehan, dan intervensi pengamat telah terbukti menjadi praktik terbaik dalam menangani segala bentuk pelecehan.

Tetapi membaca konten kasar dan penuh kekerasan dapat berdampak buruk. Sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan diri sendiri, demi diri Anda, dan agar Anda dapat terus membantu orang lain.


Mengapa Anda Merasa Cemas?

Mungkin aneh rasanya merasa cemas atau kesal saat membaca laporan pelecehan yang dialami orang lain. Anda tidak mengalaminya, tetapi mengapa Anda merasa amat terganggu?

Meskipun membantu orang lain merupakan hal yang mulia dan memuaskan untuk dilakukan, berinteraksi dengan individu yang pernah mengalami trauma terkadang dapat membuat Anda kewalahan dan tertekan. Untungnya, ada cara untuk mencegah dan mengelola dampak negatif ini, sehingga Anda dapat melanjutkan pekerjaan luar biasa Anda dengan mendukung orang lain sebagai HeartMobber.

  • Pelajari lebih lanjut tentang cara kerja HeartMob di sini.

Langkah pertama adalah mengenali perasaan Anda dan tahu bahwa Anda tidak sendirian.

Kelelahan Akut

Terlalu berfokus kepada orang lain tanpa memperhatikan diri sendiri dapat menyebabkan kelelahan, cemas, dan stres. Hal ini dikenal sebagai kelelahan akut. Kelelahan akut dapat muncul dengan cara yang berbeda bagi individu yang berbeda.



Terkadang Anda merasa pekerjaan yang Anda lakukan belum cukup dan tidak menghasilkan perbedaan yang bermakna. Terkadang Anda merasa masalah yang dihadapi sangat berat dan Anda tidak dapat terus menangani masalah ini dengan tingkat keterlibatan yang sama. Terkadang ini muncul sebagai “lelah akan perhatian”, yaitu perasaan bahwa Anda tidak dapat lagi terlibat secara emosional atau berempati dengan topik tersebut.

Trauma Sekunder

Trauma sekunder, dikenal juga sebagai “trauma pengganti,” merupakan cara kita terpengaruh secara emosional dan psikologis saat dihadapkan pada penderitaan orang lain. Ini muncul sebagai perasaan kelelahan mental, fisik, dan emosional saat terlibat secara empati dengan seseorang yang pernah mengalami trauma. Misalnya, jika Anda membaca cerita pelecehan online yang diposting di HeartMob dan merasa tertekan seolah-olah Anda mengalaminya secara langsung, ini merupakan trauma sekunder.

Jika Anda mengalami kelelahan akut atau trauma sekunder, ingatlah:

  1. Ini bukan kegagalan pribadi. Ini tanda bahwa Anda benar-benar peduli.

  2. Bersikaplah baik kepada diri sendiri. Mundur sejenak dan perhatikan diri sendiri. Anda tidak bersikap egois dengan memperhatikan kesejahteraan diri sendiri terlebih dahulu; sebenarnya, ini strategi terbaik untuk memastikan Anda dapat bangkit kembali dan terus bekerja untuk membantu orang lain.

Lihat Panduan kami untuk Korban Pelecehan Online.

Apa itu Peduli Diri Sendiri?

Peduli diri sendiri adalah istilah yang digunakan oleh para relawan dan penolong untuk menggambarkan kebaikan dan pemahaman yang Anda butuhkan untuk memperhatikan diri sendiri. Kebaikan dan pemahaman terhadap diri sendiri memungkinkan Anda untuk terlibat secara berkelanjutan. Ini dapat membantu Anda mempertahankan sikap positif saat menghadapi tantangan. Peduli diri sendiri berarti Anda dapat terus membantu orang lain tanpa mengorbankan kesehatan serta kesejahteraan mental dan fisik Anda sendiri. Beberapa saran peduli diri sendiri umum adalah mengonsumsi makanan sehat, mandi, atau bermeditasi, dan walaupun ini bermanfaat, ini belum tentu cocok bagi semua orang. Tidak semua orang dapat beristirahat; bekerja, mengasuh anak, dan realitas kehidupan sehari-hari lainnya dapat mencegah Anda meluangkan waktu untuk memperhatikan diri sendiri.

Latihan peduli diri sendiri 5 menit ini menjadi contoh cara Anda dapat menyempatkan peduli diri sendiri dalam jadwal kerja yang sibuk.


Pada akhirnya, peduli diri sendiri merupakan hal yang baik bagi Anda: apa pun praktik atau aktivitas yang membuat diri Anda merasa lebih baik, lebih kuat, dan lebih sehat secara jiwa dan raga.


Kiat Peduli Diri Sendiri

Nilai keselamatan langsung diri Anda

Intervensi pengamat sangatlah penting. Namun bukan berarti ini tidak sulit untuk dilakukan. Lakukan yang sedapat yang mungkin dilakukan – baik melaporkan, menuliskan pesan pendukung, maupun hanya mengeklik “Saya Mendukung Anda” – tetapi biarkan diri Anda untuk berkata tidak saat dibutuhkan. Anda mungkin merasa mampu menghadapi tantangan di dunia ini selama beberapa hari, dan ini merupakan waktu terbaik untuk menjangkau orang lain yang mungkin sedang kesulitan Pada saat Anda merasa lelah, beristirahatlah sejenak dan manjakan diri Anda. Anda dapat mengubah pengaturan pemberitahuan email pada profil akun jika perlu mengambil cuti sejenak.

Waspadai Pemicu Diri Anda

Meskipun korban pelecehan online selalu merasa terbantu dengan dukungan dari orang lain yang pernah merasakan situasi mereka, berhati-hatilah terhadap pemicu emosi diri Anda – hal tersebut dapat sangat menjengkelkan dan mungkin memunculkan kenangan ketidakadilan atau trauma yang pernah Anda alami. Setiap permintaan bantuan ditandai dengan sifat pelecehan  (misalnya, rasisme, transfobia, kebencian terhadap wanita), sehingga Anda dapat berfokus membaca konten yang paling siap Anda tangani.

Bagikan Perasaan Anda

Anda tidak harus menanggung semuanya sendiri. Bicaralah kepada pasangan, teman, anggota keluarga, terapis, atau advokat, dan ketahuilah bahwa perasaan Anda tidak salah. Kirimkan email kepada kami di heartmob@iholaback.org. Sama pentingnya bagi korban pelecehan online untuk meminta bantuan dari komunitas HeartMob, Anda juga berhak untuk mendapatkan bantuan dari komunitas Anda sendiri.

Ambil Langkah untuk Mencegah Kelelahan Akut

Kita semua tahu bahwa pencegahan merupakan obat terbaik. Ambil tindakan untuk menghentikan kelelahan akut sebelum terjadi dan cegah sejak awal. Sertakan peduli diri sendiri ke dalam jadwal Anda dan buat rencana untuk bertemu teman atau melakukan kegiatan yang menyenangkan dan santai. Simpan jurnal atau catatan di ponsel yang mencantumkan semua hal positif yang Anda lihat, lakukan, atau perhatikan, dan bacalah kembali saat Anda mulai terjebak dalam hal-hal negatif. Bertindaklah sekarang juga, Anda akan berterima kasih kepada diri sendiri di kemudian hari!

Mendukung Orang Lain Dapat Menjadi Bentuk Peduli Diri Sendiri

Terkadang mungkin Anda kewalahan saat melawan budaya pelecehan online dan sistem penindasan lebih besar yang mendukungnya, tetapi memainkan peran Anda dalam mengubah budaya ini dapat menjadi tindakan memperhatikan diri sendiri. Tindakan kecil, seperti melaporkan dan mendokumentasikan pelecehan, atau membagikan kata-kata dukungan yang baik kepada orang asing, dapat membantu korban mengambil alih kembali situasinya dan Anda menciptakan perubahan budaya yang positif. Jadi, meskipun penting untuk beristirahat saat diperlukan, ingatlah bahwa pekerjaan Anda sangatlah penting, dan biarkan itu menjadi semangat untuk melanjutkan upaya Anda!

Sumber Daya

Sumber Daya Peduli Diri Sendiri

TED Talks tentang Trauma Sekunder

Selalu Ada Orang yang Mendengarkan

Kami Mendukung Anda